Servis Bola Voli - Teknik Dasar Bola Voli Lengkap


Pengertian Servis dalam Permainan Bola Voli

Servis dalam permainan bola voli  yang dalam bahasa inggrisnya disebut dengan volleyball service adalah pukulan pertama yang dilakukan oleh seorang pemain bola voli untuk menempatkan bola pada bidang permainan lawan.

Servis adalah modal utama bagi tim untuk mendapatkan point jadi setiap pemain harus mengusai teknik dasar volleyball ini. Anda dapat berlatih service bola volly ini dengan teman anda sebagai penerima untuk mencoba keefektifan pukulan servis.

Banyak blog yang menggolongkan servis menjadi dua yaitu: servis tangan atas dan servis tangan bawah. Kesemuanya tidak salah karena secara garis besar berdasarkan posisi tangan ketika memukul memang servis digolongkan menjadi servis tangan atas dan servis tangan bawah.

Di sini akan kita golongkan servis dalam permainan bola voli berdasarkan keefektifan servis serta teknik permainan bola voli yang digunakan di dalamnya.

Sudah tahukah anda peraturan terbaru tentang bola voli? Jika belum kunjungi halaman "Peraturan Permainan Bola Voli Lengkap (Terbaru)" untuk mengetahuinya secara lengkap

Servis yang dalam bahasa inggris disebut service berbeda dalam penulisan namun sama dalam pengucapan, dahulu hanya dianggap sebatas pukulan pertama agar bola masuk ke area lawan serta sebagai tanda dimulainya rally dalam permainan namun seiring berkembangnya zaman, dewasa ini servis juga mempunyai tujuan untuk mendapatkan point sedini mungkin.

Semakin bagus dan powerful servis yang dihasilkan oleh seorang pemain bola voli maka semakin sulit bola diterima oleh pemain lawan, sehingga bola tidak dapat tersampaikan dengan sempurna ke setter/tosser dan akhirnya tidak dapat terjadi smash bola voli atau spike yang berarti karena setter kesulitan untuk meneruskan bola ke spiker.

Namun harus selalu diingat bahwasanya servis juga diatur oleh peraturan bola voli dimana seorang pemain harus melakukan servis dibelakang garis servis atau garis paling belakang dari lapangan pertandingan bola voli.

Sebelum kita masuk ke inti bahasan sebelumnya akan kita bahas servis secara umum terlebih dahulu. Kita akan mengelompokkan terlebih dahulu servis dalam permainan bola voli menjadi 2 yaitu: servis tangan atas dan tangan bawah.

Pengertian servis tangan atas adalah servis yang dilakukan dengan memukul bola ketika bola lebih tinggi dari kepala, sedangakan pengertian servis tangan bawah adalah servis yang dilakukan dengan memukul bola ketika berada di bawah kepala.

Seperti yang sudah saya singgung di atas, seorang pemain bola voli akan melakukan servis berdasarkan teknik yang dia kuasai. Tanpa maksud untuk merendahkan kemampuan seorang pemain bola voli, pada umumnya servis tangan bawah biasanya digunakan oleh pemain kelas menengah kebawah, sedangkan servis tangan atas biasanya digunakan oleh pemain dengan skill menengah ke atas.


Mungkin anda juga sedang belajar passing artikel dengan judul "Passing Bola Voli - Teknik Dasar Bola Voli Lengkap" ini akan sangat berguna bagi anda

Macam - Macam Teknik Servis dalam Permainan Bola Voli

Berikutnya mari kita bahas servis dalam permainan bola voli secara khusus berdasarkan teknik yang disertakan dan yang wajib kita ketahui. Secara khusus servis dalam permaian bola voli tersebut dibagi menjadi 4 yaitu :

Jump Service (Servis Lompat)

Jump service atau servis lompat adalah servis dalam permainan bola voli yang dilakukan dengan memukul bola dengan keras di udara setelah melakukan lompatan dengan menambahkan putaran bola ke arah depan sehingga bola akan meluncur dengan cepat dan menukik di area lawan.
    Cara melakukan servis dengan teknik jump service :
    • Pegang dan lambung bola ke arah depan secukupnya sesuaikan dengan tinggi jumping/lompatan dan lebar awalan lompatan.
    • Pukul sekeras mungkin dengan tangan dominan dengan melecutkan pergelangan tangan, agar tercipta spin ke arah depan.
    • Perkenaan bola dengan tangan saat memukul adalah diantara telapak tangan dan pangkal ruas jari agar bola tidak terlalu menukik sehingga bola dapat melewati net.
    • Posisi bola saat dipukul ada di depan badan bukan tepat di atas kepala.

Floating Service (Servis Mengambang / Melayang)

Floating Service atau servis mengambang adalah servis dalam permainan bola voli yang ketika setelah dipukul bola seperti melayang dan oleng ke kanan dan ke kiri. Floating service ini dapat dilakukan dengan lompatan atau tanpa melompat. Floating servis akan lebih membingungkan lawan jika dilakukan dengan lompatan karena bola lebih datar sehingga sulit diprediksi oleh pemain lawan.
    Cara melakukan servis dengan teknik floating servis :
    • Untuk floating service dengan lompatan hal yang pertama dilakukan adalah melempar bola ke atas (tidak usah terlalu tinggi)
    • Pukul bola tepat di tengah dengan perkenaan bola tepat ditengah permukaan tangan dan tengah bola.
    • Jika disertai dengan lompatan pukul bola kira-kira tepat di atas net.
    • Usahakan untuk tidak membuat bola berputar karena efek floating tidak akan terjadi jika bola memutar.
    • Semakin tenang bola maka efek floating akan semakin besar




Spin Service (Servis Bola Putar)

Spin Service atau servis bola putar dalam permainan bola voli adalah servis yang mengandalkan pada kecepatan putaran bola sehingga pergerakan bola menjadi tidak stabil dan sulit dikontrol. Servis ini dibagi menjadi 3 yaitu: top spin service, back spin service, dan side spin service. Servis ini tidak terlalu menyulitkan lawan bila lawan mahir melakukan passing bola voli.
    Cara melakukan spin service:
    • Posisi kaki kiri agak maju ke depan dan kaki kanan agak di belakang.
    • Lambung bola ke atas secukupnya.
    • Pukul bola ketika berada di atas kepala.
    • Untuk servis top spin pukul bola pada bagian atas ke arah depan, untuk back spin pukul bola pada bagian bawah, sedangkan untuk side spin pukul bola di bagian samping kanan atau kiri.
    • Keefektifan servis ini tergantung pada perkenaan telapak tangan dengan bola karena pada bagian inilah proses perputaran bola tercipta.

    Underhand Service (Servis Tangan Bawah)

    Underhand service, istilah lain dari servis tangan bawah dalam permainan bola voli ini adalah teknik servis yang paling mudah untuk dipelajari. Servis ini juga sangat mudah diterima lawan karena pergerakan bola tenang dan mudah ditebak.
    Cara melakukan underhand service atau servis tangan bawah:
      • Posisi kaki kiri di depan dan kaki kanan agak ke belakang jika tangan pemain bola voli yang dominan adalah tangan kanan atau sebaliknya jika yang dominan adalah tangan kiri.
      • Pegang bola dengan tangan kiri.
      • Tangan kanan ditarik ke belakang dan diayun kedepan sementara bola tetap di tangan kiri dan siap dijatuhkan.
      • Pada servis ini bola tidak perlu dilambung ke udara karena seringkali malah akan menyebabkan pukulan tergelincir
    Itulah servis-servis dalam bola voli yang wajib kita ketahui. Nah sekarang saatnya berlatih untuk menguasai teknik-teknik sevice dalam bola voli tersebut. Lakukan latihan secara rutin sehingga teknik tersebut dapat segera anda kuasai.

    Kesalahan Umum pada saat Melakukan Servis dalam Permainan Bola Voli

    Dalam permainan bola voli servis adalah modal utama untuk mendapatkan poin sehingga akan sangat disayangkan jika seorang pemain gagal melakukan servis.  Ada banyak hal yang menyebabkan seorang pemain gagal dalam melakukan servis, kegagalan tersebut dikarenakan berbagai kesalahan entah dari segi penggunaan teknik, posisi/postur tubuh, maupun mental pemain. Sebagaimana telah saya bahas di atas ada 4 macam servis bola voli yang umum digunakan oleh pemain bola voli. Servis-servis tersebut mempunyai tingkat kesulitannya masing-masing, tentunya semakin sulit tipe servis yang digunakan semakin banyak tingkat kesalahan saat melakukan servis tersebut.



    Tahukah kamu jika servis pada suatu pertandingan bola voli, servis pertama pada set ke 2 dilakukan oleh tim yang pada set sebelumnya tidak melakukan servis? Kesuksesan servis dalam permainan bola voli mempunyai andil yang besar untuk memenangkan suatu tim.Berikut adalah kesalahan-kesalahan umum yang tercipta saat melakukan servis dari segi peraturan dalam permainan bola voli:
    1. Pemain menginjak garis batas servis atau garis belakang lapangan pada saat melakukan servis dalam permainan bola voli, umumnya pemain pemula biasanya seringkali melupakan hal ini. Servis yang tercipta karena hal ini akan dinyatakan gagal atau tidak sah sehingga lawan mendapatkan poin.
    2. Bola servis membentur net dan jatuh di area sendiri.



    Sedangkan berikut ini adalah kesalahan-kesalahan pemain dalam melakukan servis dari segi teknik, postur, maupun mental:

    Kesalahan Umum Saat Melakukan Jump Service/Servis Lompat:

    • Terlalu terburu-buru ini adalah kesalahan yang sering terjadi ketika pertandingan sebenarnya berlangsung. Kesalahan ini biasa dilakukan ketika seorang pemain kurang jam terbang akibat dari demam panggung.
    • Timing lompatan yang salah
    • Perkenaan bola dengan telapak tangan saat memukul mengenai bagian bola yang terlalu atas sehingga mengakibatkan bola terlalu menukik dan membentur net.
    • Perkenaan bola dengan telapak tangan saat memukul mengenai bagian bola yang terlalu bawah, kesalahan ini akan menyebabkan bola out atau terlalu melambung sehingga mudah untuk diterima lawan.
    • Lemparan terlalu rendah yang menyebabkan pemain kehabisan timing lompatan, kesalahan ini sering kali terjadi pada servis tangan atas apapun.

    Kesalahan Umum Saat Melakukan Floating Service/Servis Mengambang:

    • Pukulan terlalu pelan
    • Pukulan tidak tepat mengenai bagian tengah bola sehingga efek floating tidak tercipta.
    • Posisi kaki sejajar, kesalahan servis karena posisi kaki sejajar ini akan menyebabkan pukulan pemain tidak maksimal.
    • Terlalu terburu-buru
    • Pukulan terlalu keras, kesalahan floating servis karena pukulan yang terlalu keras akan menyebabkan bola out. Pada dasarnya floating servis tidak mengutamakan kecepatan luncur bola karena ketepatan pukulan ke bagian tengah lah yang menciptakan efek mengambang tercipta.
    • Tangan mengepal

    Kesalahan Umum saat Melakukan Spin Service/Servis Bola Putar:

    • Terlalu terburu-buru
    • Posisi kuda-kuda kaki sejajar
    • Tangan mengepal
    • Perkenaan permukaan bola dan permukaan tangan kurang tepat

    Kesalahan Umum Saat Melakukan Underhand Service/Servis Tangan Bawah:

    • Terlalu terburu-buru
    • Tangan tidak mengepal, untuk servis tangan bawah atau underhand servis tangan yang digunakan untuk memukul harus mengepal agar bola bisa terpukul dengan keras.
    • Posisi kaki sejajar
    • bola dilambung terlalu tinggi, umumnya kesalahan ini akan menyebabkan bola tergelincir saat dipukul.

    Silahkan tulis komentar anda tentang servis bola voli ini, karena mungkin saja ada ketidak sesuaian mengingat posting ini hanya berdasarkan sudut pandang saya. Jangan lupa untuk share jika postingan ini bermanfaat siapa tahu kerabat atau teman anda membutuhkan artikel tentang Macam - macam Servis Bola Voli dan Pengertiannya.

    Share this with short URL:

    You Might Also Like:

    Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
    Show Parser Hide Parser