Cara Memilih Sepatu Bola Voli Terbaik untuk Bermain Bagus di Lapangan

Sepatu bola voli adalah salah satu pendukung seorang pemain bola voli dapat mengeluarkan seluruh kemampuannya di dalam lapangan bola voli. Sepatu bola volly ini bermacam-macam mulai dari kualitas dan harga sepatu bola voli yang sangat beragam.
Biasanya sepatu bola voli dengan merk ternama memang sudah mendesain sepatu buatan mereka dengan seksama sehingga jika digunakan berasa sangat nyaman. Tujuan posting kita kali ini adalah tentang bagaimana cara memilih sepatu bola voli agar kita dapat memaksimalkan performa permainan dilapangan, sebagai bonusnya nanti akan kita berikan 9 rekomendasi sepatu bola voli terbaik dari yang harga mahal sampai harga murah untuk anda.



Seperti biasa sebelum kita membahas isinya kita bahas dulu kulitnya, mari kita pahami dulu manfaat sepatu bagi pemain bola voli. Banyak pemain bola voli terutama kelas menengah ke bawah yang beranggapan bahwa memakai sepatu saat bermain bola volly malah membuat tidak leluasa saat melompat.
Sebenarnya bukan sepatunya yang menyebabkan demikian namun kebiasaan bermain tanpa bersepatu lah yang menyebabkan ketidak nyamanan saat bermain bola voli memakai sepatu. Nah untuk membuat anda paham betapa pentingnya sepatu ketika berolahraga terutama ketika bermain bola voli, di bawah ini adalah beberapa manfaat sepatu bola voli.

Manfaat Sepatu Bola Voli


1.  Sepatu bola voli meminimalisir resiko cidera pemain bola voli

Seorang pemain bola voli yang memakai sepatu olahraga atau khususnya sepatu bola volly mempunyai resiko cidera yang lebih kecil dari pada seorang pemain bola voli yang tidak memakai sepatu. Dengan memakai sepatu pijakan kaki akan lebih baik, karena saat pendaratan setelah melakukan spike/blocking apabila pemain menggunakan sepatu kemungkinan besar posisi telapak kaki sudah siap untuk menjejak . Berbeda halnya jika tanpa sepatu, posisi telapak kaki akan lebih tidak beraturan ketika melakukan pendaratan.

Mungkin artikel dengan judul "Cara Mencegah dan Menyenyembuhkan Cedera Lutut dalam Permainan Bola voli" ini bermanfaat untuk mencegah cidera saat bermain bola voli

2.  Sepatu bola voli menjadi bantalan saat pendaratan lompatan

Umumnya lapangan bola volly mempunyai permukaan yang keras baik itu lapangan indoor maupun lapangan outdoor. Bagi pemain bola voli terutama pemain bola voli yang tidak memakai sepatu 80% diantaranya pasti pernah mengalami sakit pada sekitar tungkai kaki atau kaki bagian depan setelah melakukan lompatan. Efek ini didapat ketika kaki melakukan kontak langsung dengan permukaan lapangan yang keras. Dengan adanya sepatu bola voli masalah ini akan teratasi dengan sendirinya.

3.  Sepatu bola voli membantu pemain bola voli saat melakukan akselerasi awalan

Dengan adanya sepatu bola voli pemain dapat melakukan akselerasi awalan tanpa tergelincir, karena biasanya sepatu bola voli dilengkapi dengan sol karet yang kesat. Kesalahan akselerasi dapat mengakibatkan ketidaksempurnaan spike dan ini juga sangat sering terjadi saat kita tidak memakai sepatu.

4.  Sepatu bola voli membantu pemain untuk melakukan tolakan lompatan

Sepatu bola voli memantapkan tumpuan saat lompatan sehingga lompatan pemain bisa lebih tinggi. Tentu saja dengan lompatan yang tinggi ini maka pemain bola voli dapat melakukan spike dengan lebih leluasa.
Itulah tadi manfaat sepatu bola voli bagi seorang pemain bola voli.
Seperti yang saya janjikan di atas tadi pada posting ini kita akan membahas tentang cara memilih sepatu bola voli. Cara memilih sepatu bola voli terbaik ini akan kita rangkum dibawah ini.

Baca juga tentang "Smash Bola Voli - Teknik Dasar Bola Voli Lengkap" untuk anda yang saat ini sedang mempelajari bagaimana melakukan smash atau spike bola voli yang benar

Cara Memilih Sepatu Bola Voli Terbaik

1.  Pastikan budget yang dimiliki.

Sebelum kita membeli sepatu tentu saja kita perkirakan dulu berapa budget/uang yang dimiliki. Tentu saja harga sepatu bola voli tidak bisa menipu, semakin mahal harganya maka kualitas sepatu bola voli tersebut juga semakin bagus. Dengan mengukur budget kita dapat mengetahui kira-kira sepatu merk apa yang akan kita beli nantinya. Namun anda juga jangan terlalu percaya dengan iming-iming misalkan ada penjual online yang menawarkan sepatu volly Mizuno murah, mengingat sering kali berakhir pada penipuan. Jika ingin membeli secara online, pastikan toko review tentang pelayanan toko tersebut serta cari yang menjual dengan harga yang wajar.

2.  Pilih sepatu dengan bahan yang tidak mudah rusak.

Keawetan sepatu bola voli merupakan salah satu hal utama yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli sepatu bola voli. Amatilah rekatan antara sol dan sepatu bagian atas, karena bagian itulah yang sering rusak. Lompatan berkali-kali akan membuat perekat antara sol sepatu bola voli dan sepatu bagian atas merenggang. Pilihlah sepatu dengan kaitan yang terlihat kuat pada bagian itu.
Perhatikan juga bahannya pastikan memilih sepatu yang tidak gampang terlihat kotor karena jika terlalu sering dicuci lem perekat sol sepatu juga akan mudah mengelupas. Pilih juga sepatu dengan bahan yang tidak mudah rusak misalkan bahan karet sintetis.

3.  Pilih sepatu bola voli yang ringan

Sepatu bola voli yang ringan memungkinkan pemain bola voli untuk mendapat lompatan yang lebih tinggi. Ada banyak sekali merk sepatu bola voli. Sepatu bola voli yang ringan biasanya mempunyai harga yang lebih mahal karena biasanya sepatu yang ringan tersebut adalah keluaran merk-merk ternama seperti Mizuno, Nike, Asics, Adidas, dan lain sebagainya. Namun ada juga beberapa sepatu bola voli dengan merk yang kurang ternama namun ringan, tapi biasanya bahan sepatu tersebut kurang bagus.

4.  Pilih sepatu bola voli dengan sol yang kesat

Pemilihan sepatu bola voli dengan sol yang kesat juga salah satu hal yang penting karena sol yang kesat membantu akselerasi dan tumpuan pemain bola voli saat melakukan spike. Sol yang kesat juga memudahkan pijakan pendaratan sebagaimana telah saya singgung di awal posting tadi, sebaliknya sol sepatu yang kurang bagus dapat menyebabkan pemain kesulitan melakukan akselerasi atau bahkan tergelincir ketika mendarat.

5.  Pastikan ukuran sepatu bola voli sesuai dengan kaki anda.

Pilihlah sepatu bola voli dengan ukuran yang benar-benar pas dengan kaki karena jika terlalu besar ketika melompat ujung-ujung jari akan menekan ujung sepatu, dan itu akan menyebabkan jari-jari kaki anda sakit. Biasanya bagian ujung jari kaki kelingking akan sakit bila sepatu terlalu besar.
Menurut saya pribadi, saya lebih suka menggunakan sepatu bola voli yang agak kecil namun juga tidak terlalu kecil, karena jika terlalu kekecilan akan terasa sakit jika digunakan dalam waktu yang lama.

6.  Pilih sepatu dengan tinggi melebihi mata kaki.

Tinggi sepatu bola voli yang melebihi mata kaki akan membantu menjaga sendi pada sekitar mata kaki jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Intinya pemilihan ini juga bertujuan untuk mengurangi resiko cidera saat bermain bola voli.

7.  Jangan membeli sepatu bola voli bekas

Usahakan untuk membeli sepatu bola voli baru karena bagaimanapun tidak ada yang menjamin keawetan barang bekas. Bisa saja sepatu bekas tersebut direkondisikan terlihat rapi tapi ternyata ada bagian yang lemnya terkelupas atau mungkin ada bagian yang robek. Saran saya belilah sepatu bola voli yang baru untuk menjamin keawetannya.

8.  Pilih desain dan corak sepatu bola voli yang sesuai dengan selera anda.

Pemilihan sepatu bola voli yang terakhir ini, mungkin bagi beberapa orang dianggap sepele namun menurut saya ini juga penting. Kenapa? karena desain yang bagus tentu saja akan meningkatkan kepercayaan diri pemain. Dengan kepercayaan diri penuh pemain bola voli dapat bermain dengan tenang dan penuh semangat.
Itulah beberapa cara untuk memilih sepatu bola voli terbaik berdasarkan pengalaman pribadi.
Harap diingat bahwa harga akan berbanding lurus dengan kualitas sehingga semakin mahal sepatu bola voli maka akan semakin bagus juga kualitas sepatu tersebut. Meskipun begitu anda harus berhati-hati terhadap barang tiruan sebagaimana pernah saya bahas pada pada postingan terdahulu dengan judul "Peralatan dan Perlengkapan Dalam Permainan Bola Voli". Selanjutnya sebagai bonus akan saya beberkan 10 sepatu bola voli terbaik yang saya rekomendasikan untuk anda.

Jangan terburu-buru untuk meninggalkan halaman ini sebelum anda membaca kelanjutannya karena berikutnya saya akan memberikan rekomendasi sepatu bola voli untuk anda dari berbagai merk.

9 Sepatu Bola Volly Terbaik Rekomendasi volleyballaddict.com

1.  Sepatu Mizuno Wave Lightning 7


Sepatu Mizuno Wave Lightning 7 adalah produk lama dari Mizuno yang mungkin saat ini tipe ini sudah diskontinue. Harga dari sepatu volly Mizuno Wave Lightning 7 yang asli dulu sekitar $140 atau kurang lebih Rp. 1.960.000,00. Saya mencoba mencari di toko online Indonesia hanya menemukan versi KW super saja. Kalau Mizuno Wave Lightning 7 yang versi KW super buatan Vietnam harganya antara Rp. 500.000,00 sampai Rp. 600.000,00.
Bahan pembuat sepatu ini adalah karet sintetis dan kain yang mirip seperti jala dengan sol karet yang istimewa. Yang menjadi keistimewaan sepatu ini tengah solnya terlihat ada semacam haknya yang berfungsi untuk meredap goncangan saat mendarat. Jika sepatu itu dibalik dari bawah terlihat ada seperti kawat yang berfungsi sebagai sirkulasi udara di dalam sepatu bola voli tersebut agar tetap nyaman dipakai. Sepatu ini juga mempunyai tingkat kelenturan yang tinggi dan tentu saja berat sepatu volly Mizuno Wave Lightning 7 ini juga ringan sehingga penggunanya merasa nyaman menggunakannya.

2.   Sepatu Mizuno Wave Lightning RX3 Mid


Sepatu volly Mizuno RX3 mid adalah sepatu yang sangat ringan dengan berat sekitar 0.3 Kg. Sepatu Mizuno tipe wave lightning adalah sepatu bola voli keluaran Mizuno yang mengutamakan keringanan namun tetap berpedoman pada kenyamanan pemakai. Sepatu Mizuno tipe Wave Lightning RX3 mid mempunyai beberapa lubang pada bagian atas untuk mengatur sirkulasi udara di dalam sepatu. Harga sepatu volly Mizuno Wave Lighting RX3 mid sekitar Rp. 2.800.00,00.

3.  Sepatu Mizuno Wave Tornado X2 Mid


Sepatu Mizuno Wave Tornado X2 sebenarnya mempunyai 2 varian sama halnya dengan Wave Lightning RX3 yaitu Mizuno Wave Tornado X2 dan Mizuno Wave Tornado X2 mid. tipe mid adalah sepatu Mizuno yang tingginya melebihi mata kaki sedangkan yang tanpa mid adalah sepatu Mizuno yang lebih rendah tingginya. Mizuno Wave Tornado X2 Mid sepatu Mizuno keluaran terbaru yang sudah tersertifikasi dan diakui oleh pemain profesional bahwa sepatu ini dapat meningkatkan keseimbangan saat pendaratan. Selain itu seperti ciri khas sepatu pendahulunya sepatu ini juga dilengkapi lubang-lubang untuk sirkulasi udara di dalam sepatu. Harga sepatu volly Mizuno Wave Tornado X2 mid sekitar Rp. 1.900.000,00.

4.  Sepatu volly Asics Gel-Tactic 2


Sepatu bola voli Asics Gel-Tactic 2 adalah sepatu yang juga sangat ringan dengan berat sekitar 0.33Kg. Seperti halnya sepatu bola volly Mizuno, sepatu Asics Gel-Tactic 2 ini juga dilengkapi lubang sirkulasi udara. Selain itu, sistem bantalan kaki yang diterapkan dirancang khusus untuk meningkatkan kenyamanan pemakainya. Sepatu Asics Gel-Tactic 2 juga diyakini dapat meningkatkan keseimbangan pemain bola voli dengan menerapkan sistem yang disebut Trusstic System. Harga sepatu Asics Gel-Tactic 2 sekitar Rp. 1.400.000.

5.   Sepatu volly Nike Lebron Soldier XI SFG


Produsen sepatu Nike di website resminya tidak mengeluarkan produk untuk bola voli namun menurut saya sepatu Nike tipe Lebron Soldier XI SFG ini juga cocok untuk dipakai bola voli. Pada dasarnya basket dan bola voli hampir mirip sebagaimana William G. Morgan terinspirasi dari olahraga permainan bola basket. Sepatu Nike Lebron Soldier XI SFG mempunyai kesan yang sangat lentur tapi tetap dapat membuat kaki nyaman. 4 tali yang terlihat pada gambar Nike Lebron Soldier XI SFG menopang kaki depan dan tengah sedangkan bagian atas sekitar pergelangan kaki akan terkunci secara aman dengan pengikat terakhir. Pada bagian terdapat lubang sebagai tempat sirkulasi udara, sedangkan didalamnya terdapat bantalan empuk yang dapat meredam goncangan.
Sol sepatu ini juga sangat sempurna untuk explosive jump serta pendaratan yang lebih seimbang. Untuk masalah desain tentu saja nomor 1, desain yang sangat elegan ini akan membangkitkan kepercayaan diri anda. Harga sepatu Nike Lebron Soldier XI SFG adalah Rp. 2.100.000,00.

6.  Sepatu volly Adidas Explosive Bounce Shoes


Sama seperti Nike secara resmi salah satu produsen sepatu olahraga raksasa ini tidak mengeluarkan sepatu bola voli namun sebagai gantinya kita bisa memilih dari salah satu produk sepatu bola basket. Sepatu Adidas Explosive Bounce Shoes ini sangat cocok juga untuk digunakan pada bola voli.
Selain memiliki lubang sebagai sirkulasi udara, Adidas Explosive Bounce Shoes juga dilengkapi dengan system bantalan BOUNCE yaitu suatu sistem yang menyuguhkan kenyamanan bantalan untuk pendaratan lompatan. Sol sepatu ini juga sempurna untuk mendukung explosive jumping dan dalam menjaga keseimbangan pemain bola voli. Harga sepatu volly Adidas Explosive Bounce Shoes sekitar Rp. 1.700.000,00.

7.  Sepatu volly Profesional Thunderbold MD


Sepatu bola voli Profesional Thunderbold MD ini cocok untuk anda dengan budget yang minim. Namun tentu saja kualitas dan kenyamanan berbeda dengan sepatu-sepatu merk ternama. Sepatu dengan merk Profesional ini terbuat dari phylon sehingga sepatu ini terasa lebih ringan.
Mid solnya berbahan karet PU agak berat namun tahan lama, sedangkan lubang sirkulasi udara pada bagian depan sepatu berbahan polyester. Sepatu ini patut diperhitungkan jika budget anda minim karena harga sepatu volly Profesional Thunderbold MD ini sangat terjangkau yaitu sekitar Rp. 400.000,00.

8.  Sepatu bola voli Mitzuda Verza Duo


Sepatu volly Mitzuda Verza Duo ini mempunyai desain yang mirip dengan sepatu bola voli Mizuno. Untuk urusan kenyamanan pastinya akan sangat jauh berbeda dengan sepatu volly Mizuno.
Namun demikian sepatu ini juga cocok dipertimbangkan jika budget minim. Harga sepatu bola voli Mitzuda dengan tipe Verza Duo sekitar Rp. 500.000,00.

9.  Sepatu Bola Voli Mizuno Wave Tornado 9


Sepatu volly Mizuno Wave Tornado 9 mempunyai bentuk yang ramping namun terlihat mantap ketika dipakai. Seperti sepatu voli Mizuno lainnya, sepatu ini juga dilengkapi dengan lubang-lubang sirkulasi udara. Desainnya juga terlihat menawan dengan sol sepatu yang juga mantap. Harga sepatu Mizuno Wave Tornado 9 original sekitar Rp. 1.500.000,00 namun ada juga yang menjual versi KW supernya dengan harga sekitar Rp. 600.000,00.

Demikianlah postingan kali ini tentang cara memilih sepatu bola voli semoga postingan ini dapat bermanfaat. Selalu ingat bahwa di luar sana banyak sekali sepatu tiruan atau pun kualitas KW. Pesan saya selalu beli yang original karena bagaimanapun tiruan tidak akan pernah sama dengan yang asli.

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser