Peralatan dan Perlengkapan Dalam Permainan Bola Voli

Dalam permainan bola voli seorang pemain diperkenankan untuk memakai aksesoris atau pelengkap apapun asalkan pemakaian dari perlengkapan tersebut tidak memungkinkan terjadi luka atau cidera pemain itu sendiri, akan tetapi setiap resiko dari asesoris yang dipakai tersebut ditanggung oleh masing-masing pemain. Jika kita lihat dari sudut pandang harfiah peralatan adalah suatu alat yang digunakan untuk melakukan sesuatu, sedangkan perlengkapan berarti sesuatu yang menjadi pelengkap namun tidak diharuskan untuk ada.

Ada beberapa perlengkapan yang sebenarnya memang dianjurkan untuk dipakai oleh pemain bola voli. Jadi di sini kita akan mengartikan bahwa peralatan bola voli adalah sesuatu yang harus ada untuk dapat memainkan bola voli, sedangkan perlengkapan adalah sesuatu yang boleh digunakan untuk mendukung pemain dalam permainan bola voli.




Peralatan dan perlengkapan pemain pada permainan bola voli ataupun olahraga lain akan mempengaruhi performa pemain tersebut. Semakin bagus kualitas peralatan dan perlengkapan maka performa pemain pun akan semakin bagus. Kualitas peralatan dan perlengkapan dapat kita lihat secara mudah dengan berdasar pada merek, namun tentu saja semakin bagus merek dari peralatan dan perlengkapan tersebut harganya juga pasti akan lebih mahal. Berikut adalah peralatan dalam permainan bola voli:
  1. Kaos dan celana pendek olahraga
    Kaos dan celana pendek olahraga dalam permainan bola voli wajib digunakan oleh semua pemain. Kaos dan celana pendek tersebut harus berwarna dan bermotif sama dengan semua pemain dalam satu tim kecuali untuk pemain libero coraknya wajib berbeda. Kaos bola voli tersebut juga harus mempunyai nomor antara 1 - 20 sebagaimana masuk dalam peraturan permainan bola voli.
  2. Sepatu untuk permainan bola voli
    Dalam pertandingan resmi pemain wajib memakai sepatu bola voli. Sepatu untuk bola voli didominasi beberapa merek ternama yaitu: Mizuno, Nike, Asics, dan merek-merek lain. Sepatu untuk permainan bola voli biasanya lebih ringan dari pada sepatu-sepatu pada umumnya sehingga pemain dapat melakukan jumping maksimal meskipun memakai sepatu.
  3. Bola voli
    Bola untuk permainan bola voli mempunyai aturan harus mempunyai dimensi sebagai berikut: keliling lingkaran 65 hingga 67 cm, dengan berat 260 hingga 280 gram. Tekanan dalam dari bola tersebut hendaknya sekitar 0.30 hingga 0.325 kg/cm2 (4.26-4.61 psi, 294.3-318.82 mbar atau hPa. Merek bola voli yang bagus adalah Mikasa dan Molten. Harga bola  boli beragam tergantung kelas bahannya untuk kelas menengah ke atas kisaran harganya antara 250.000 sampai 600.000. Perhatikan juga keasliannya karena banyak yang menjual bola dengan kualitas KW. Umumnya sih harga bola voli Mikasa asli berkisar antara 500,000 - 600,000.
  4. Net
    Net dalam bola voli juga berpengaruh terhadap performa pemain. Biasanya net yang jelek menyebabkan bola tidak bisa memantul ketika membentur net sehingga tingkat penyelamatan bola pemain juga kurang maksimal. Untuk net merek yang bagus yaitu: Mizuno, Mikasa, Molten, dan Mitzuda.
Sedangkan perlengkapan untuk pemain bola voli adalah sebagai berikut:

Deker lutut atau kneepad

Deker lutut atau kneepad mempunyai peranan untuk menjaga sendi pada lutut agar lebih kuat dalam menopang ketika pemain melakukan lompatan. Momok dari setiap pemain bola voli adalah cedera pada lutut saat melakukan lompatan. Cider pada lutut biasanya memakan waktu lama untuk sembuh atau bahkan resiko yang paling parah cedera tersebut menjadi cedera kambuhan.
  1. Deker siku atau elbowpad
    Deker siku atau elbowpad berguna untuk melindungi siku pemain. Saat pemain melakukan penyelamatan dengan dig biasanya sampai jatuh bangun. Nah pada kasus itulah deker siku mempunyai peranan penting untuk melindungi lutut ketika tidak sengaja mengalami benturan.
  2. Pelindung ruas jari
    Pelindung ruas jari ini berguna saat pemain bola voli melakukan bloking karena biasanya bola spike dari lawan tanpa sengaja membentur ujung jari, dengan adanya pelindung ruas jari cedera dapat diminimalisir. Biasanya yang sering sekali terkena benturan adalah jari manis dan jari kelingking karena kedua jari tersebut paling pinggir dan kurang kuat untuk menahan bola. Pelindungan sederhana untuk ruas jari dapat dilakukan dengan menyatukan jari kelingking dan jari manis dengan plaster. Dengan cara ini akan memperkecil resiko cedera pada jari
Itulah peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam melakukan permainan bola voli, tapi harap diperhatikan meskipun kita dapat secara mudah melihat kualitas berdasar dari merek, kita tetap harus berhati-hati untuk tidak tertipu dengan barang tiruan. Saat ini marak toko online yang mengiming-imingi dengan harga yang murah namun barang yang dijual adalah barang palsu. Jika ingin membeli peralatan maupun perlengkapan rekomendasi saya usahakan untuk membeli secara offline terlebih dahulu untuk dapat memegang dan merasakan langsung, namun jika memang memutuskan untuk membeli secara online pastikan toko online tersebut menggunakan fasilitas rekening bersama atau rekening pihak ketiga sehingga resiko penipuan dapat diminalisir.

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser